11
Jul
08

Jadi kaya raya dengan gaji hasil kerja di perusahaan minyak

Judul di atas sebenarnya cuma provokasi belaka. Pada dasarnya kalo mau kaya tidak cukup lewat kerja aja. Selain kerja juga harus aktif menabung (lebih gampang ngomong daripada ngerjain sendiri ya), investasi, dan membikin perusahaan sendiri. Welll, tetapi saya merasa banyak sekali yang berminat kerja di perusahaan migas seperti Chevron atau ExxonMobil. Alasannya cukup jelas, gajinya selangit bo. Sangat lebih dari cukup buat para fresh graduate yang nyari pekerjaaan menguntungkan (apalagi setelah 4 tahun kuliah di institut tekanan batin dan ditunggu calon mertua hehehe).

Dibawah sini adalah list daftar gaji di perusahaan minyak seperti CNOOC, Chevron, Pertamina, dan Total. Sumbernya dari sini. Special thanx buat mas nofie iman yang tulisannya saya pinjem.

Chevron

Chevron adalah salah satu perusahaan energi terbesar di dunia. Pusatnya ada di San Ramon, California. Selain migas, Chevron juga bermain di eksplorasi, produksi, refinery, pemasaran dan transportasi, pembangkit energi, sampai chemical product.

Perusahaan ini berdiri tahun 1879 di Pico Canyon, California. Pada 2001, Chevron merger dengan Texaco dan membentuk ChevronTexaco. Namun pada 9 Mei 2005, ChevronTexaco melepas moniker Texaco dan kembali ke nama Chevron. Texaco tetap menjadi merek di bawah Chevron. Pada 19 Agustus 2005, Chevron bergabung dengan Unocal Corporation, sebuah gerakan yang membuat Chevron produsen terbesar energi geotermal di dunia.

Chevron Salary Table

Chevron terbilang cukup loyal terhadap karyawannya. Tabel di atas adalah berdasar PKB tahun 2006. Konon komponen tersebut sudah mencakup basic salary plus 21% regional allowance. Fresh graduate umumnya masuk di tingkat 18A.

China National Offshore Oil Corporation (CNOOC)

Adalah perusahaan minyak dan gas bumi (migas) terbesar ketiga di Republik Rakyat China setelah CNPC dan Sinopec. Perusahaan ini punya hak eksklusif untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi minyak mentah dan gas alam di lepas pantai China. CNOOC juga merupakan sebuah perusahaan milik negara yang mana 70% sahamnya dimikili oleh pemerintah Republik Rakyat China. Mereka juga terdaftar di NYSE dengan kode ticker CEO.

CNOOC hadir di Indonesia dengan nama CNOOC Southeast Sumatra Ltd sebagai salah satu perusahaan KKKS yang ditunjuk BPMIGAS untuk melakukan proses pengeboran minyak dan gas bumi di lepas pantai Laut Jawa, sekitar 90 km sebelah utara Teluk Jakarta, Indonesia.

CNOOC Salary Table

Berdasar Peraturan Perusahaan 2006, gaji yang ditawarkan terlihat pada tabel di atas. Fresh graduate masuk ke CNOOC pada level 19.

ConocoPhillips

ConocoPhillips berpusat di Houston, Texas. Merupakan salah satu oil company besar yang memiliki lini bisnis terintegrasi — konon terbesar ketiga setelah Exxon dan Shell. ConocoPhillips lahir 30 Agustus 2002 sebagai produk merger antara Conoco Inc. dan Phillips Petroleum Company.

ConocoPhillips dikenal sebagai perusahaan dengan technological expertise untuk eksplorasi dan produksi di laut dalam, reservoir management and exploitation, 3-D seismic technology, high-grade petroleum coke upgrading, dan teknologi sulfur removal yang begitu sophisticated.

ConocoPhilips Salary Table

Menurut Peraturan Perusahaan 2006, gaji untuk karyawan terlihat seperti pada tabel di atas. Gaji mereka cukup bersaing dengan struktur gaji Chevron. Fresh graduate biasanya masuk di level 12.

ENI

ENI berpusat di Italia dan bermain di sektor minyak dan gas alam. Juga punya usaha di engineering and construction, electricity generation, dan petrochemical. Sejujurnya, saya kurang tahu pasti tentang bisnis dan pencapaian mereka. Sepanjang yang saya tahu, mereka ENI di Eropa Selatan dan juga punya (sedikit) kepentingan dan investasi di Indonesia.

ENI Salary Table

Dari sounding orang dalam, struktur gaji di ENI untuk tahun 2004-2006 adalah seperti terlihat pada tabel di atas. Fresh graduate biasanya masuk pada tingkat ke 8.

Kuwait Foreign Petroleum Exploration Company (KUFPEC)

Perusahaan minyak bentukan Kuwait Petroleum Corporation yang beroperasi di beberapa negara di luar Kuwait, seperti Mauritania dan Mesir. Di Indonesia, mereka punya project di Buton dan telah memiliki interest di Blok Seram Non-Bula sejak 1985.

Struktur gaji KUFPEC terlihat seperti tabel berikut. Fresh graduate masuk di level 9. Struktur gaji tersebut adalah yang berlaku untuk tahun 2004-2006.

KUFPEC Salary Table

Pertamina

Rasanya semua sudah cukup tahu bahwa Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (Pertamina) adalah satu-satunya BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

Pertamina pernah mempunyai monopoli pendirian SPBU di Indonesia, namun monopoli tersebut telah dihapuskan pemerintah pada sekitar tahun 2000-an. Pertamina mengoperasikan 7 kilang minyak dengan kapasitas total 1.051,7 MBSD, pabrik petrokimia dengan kapasitas total 1.507.950 ton per tahun dan pabrik LPG dengan kapasitas total 102,3 juta ton per tahun.

Pertamina adalah hasil gabungan dari perusahaan Pertamin dengan Permina yang didirikan pada tanggal 10 Desember 1957. Penggabungan ini terjadi pada 1968. Direktur utamanya saat ini adalah Ariffi Nawawi. Saya kurang mengetahui perkembangan Pertamina sejak sepeninggal Ari Soemarno. Namun yang jelas, Pertamina menyelenggarakan usaha di bidang energi dan petrokimia: sektor hulu dan hilir, serta ditunjang oleh kegiatan anak-anak perusahaan dan perusahaan patungan yang jumlahnya begitu banyak.

Pertamina adalah salah satu yang cukup loyal dalam memberi gaji dibandingkan perusahaan-perusahaan “made in Indonesia” lainnya. Gambaran gaji karyawan Pertamina dapat dilihat pada tabel berikut. Fresh graduate ada di level 8. Konon, benefit, fasilitas, termasuk “sambilan” di Pertamina bisa lebih besar dari basic salary-nya. Ada yang bisa memberi konfirmasi?

Pertamina Salary Table

Star Energy

Star Energy adalah perusahaan energi yang juga terintegrasi dengan unit bisnis minyak, gas, dan listrik. Berpusat di Inggris, perusahaan ini sebenarnya lebih dikenal sebagai perusahaan energi daripada perusahaan migas.

Di Indonesia, Star Energy dibuka tahun 2003 oleh Supramu Santosa dengan kerjasama menggandeng Nusantara Capital.

Susunan basic salary Star Energy terlihat pada tabel berikut. Data bersumber pada buku peraturan perusahaan tahun 2006. Fresh graduate biasanya masuk pada entry level ke 8.

Star Energy Salary Table

Tately N.V.

Tately N.V. adalah perusahaan eksplorasi dan rekayasa perminyakan asal Malaysia. Mereka berkongsi dengan PEXCO Group di Indonesia untuk menggarap PSC di Palmerah (Jambi) dan Lhokseumawe (Nanggroe Aceh Darussalam).

Basic salary Tately terlihat pada tabel berikut. Data bersumber pada peraturan perusahaan tahun 2006. Gaji tersebut adalah basic salary yang berlaku pada tahun 2006. Fresh graduate masuk di level 7.

Tately Salary Table

Dibandingkan Petronas, nama Tately memang kurang bergema. Namun, mereka (katanya) menawarkan gaji dan benefits package yang tak kalah kompetitif. Kantor pusat mereka di Indonesia ada di Plaza Bapindo, Menara Mandiri.

Total S.A.

Total S.A. adalah perusahaan perminyakan asal Perancis yang berpusat di Paris. Mereka juga bermain di gas, crude oil, eksplorasi gas alam, transportation, refining, power generation, sampai product trading and marketing. Perusahaan ini juga terdaftar di NYSE dengan kode ticker TOT. Mereka juga dikenal bermain sebagai chemical manufacturer dan salah satu dari enam besar oil company di dunia.

Total beroperasi di lebih dari 130 negara dengan 111 ribu karyawan lebih. Di Indonesia, gaji yang mereka tawarkan terlihat pada tabel berikut. Data bersumber pada buku peraturan perusahaan tahun 2006. Fresh graduate masuk di level 10.

Total Salary Table

Menurut sejarahnya, Total hampir saja “diambil” oleh Royal Dutch Shell — andaikata waktu itu PM Perancis, Raymond Poincaré tidak ngotot agar Perancis membangun perusahaan minyak sendiri sesudah Perang Dunia I. Total akhirnya berdiri 28 Maret 1924 dengan nama Compagnie Française des Pétroles (CFP) mencaplok 23.75% kepemilikan saham Turkish Petroleum Company sebagai kompensasi yang diberikan Jerman melalui Konferensi Sanremo.

Tahun 1985 mereka mengganti nama menjadi Total CFP. Tahun 1991 mereka menghilangkan nama CFP. Pernah dikenal sebagai Total Fina setelah mengakuisisi Belgian Petrofina (1999) dan pernah juga dikenal dengan nama TotalFinaElf pasca merger tahun 2000. Kini mereka kembali menamai dirinya Total sejak 2003.

Disclaimer

  • Penulis tidak terafiliasi dengan perusahaan migas apapun.
  • Informasi diperoleh dari peraturan perusahaan, riset dan analisis, sounding dari orang dalam, dan sumber-sumber informasi lainnya.
  • Pada saat informasi ini ditulis, barangkali sudah terjadi perubahan struktur gaji dari perusahaan-perusahaan tersebut di atas.
  • Informasi ini hanya digunakan untuk kepentingan edukasi semata. Penulis tidak bertanggung jawab terhadap penyalahgunaan data-data di atas.
  • Penulis sedang mencoba untuk korek informasi di Exxon, Shell, dan BP. Sayangnya sampai saat ini belum bisa mendapat informasi. Ada yang bisa menambahkan?

Semoga bermanfaat.

Gaji puluhan juta berarti masa depan juga terjamin. Benarkah? Meskipun salah satu target saya adalah kerja di migas juga (setelah S2 dn maried dengan ****). Tetapi kadang-kadang kesal juga melihat banyak orang tergila-gila pada migas (sehingga menjadi motivasi yang ektrem) dan juga pada orang-orang yang kontra abis ama migas asing (seakan-akan migas adalah miliknegara yang tidakboleh digunain sama sekali). Sedih juga, harus bagaimana cara kita menyikapi masalah ini?

About these ads

10 Responses to “Jadi kaya raya dengan gaji hasil kerja di perusahaan minyak”


  1. 1 Siegfried
    Juli 14, 2008 pukul 1:25 pm

    saya juga kesal dengan yang menjadikan kerja di perusahaan migas sebagai motivasi hidup….

  2. 2 nanda
    Juli 26, 2008 pukul 12:53 pm

    wakakakak

    samapi segitunya dijadikan “motivasi hidup” ckckckck

  3. 3 Ari Taufiq
    Agustus 7, 2008 pukul 5:50 am

    Well, kerja di perusahaan migas berarti bermain ama maut n lingkungan kerja yang keras. Saya pikir, yang penting sumur mengalir secara ekonomis dan aman sesuai lingkungan. Gak usah liat gaji tinggi…yang penting kita bahagia dan beribadah dengan nikmat.

    BTW, ada anekdot di jurusan saya: “percuma punya gaji selangit kalo tiap hari cuma liat wellhead di hutan yang sepi ditemani monyet-monyet…” hehehe….

    Work hard, pray good, enjoy life…

  4. 4 poltax
    Oktober 18, 2008 pukul 5:33 pm

    motivasi hidup kerja di oil & gas company?
    hmmm…boleh juga…

    ahahaha…

    btw, petronas kok ga ada datanya yah?

    temen saya fresh graduate masuk petronas, salary nyah US$ 14500/month, (saya baca sendiri kontrak kerjanya, anjrit….)

    semoga TOTAL S.A. tembus…
    amien….
    pangestunipun…

  5. 5 yandhie
    Oktober 31, 2008 pukul 10:38 am

    @ Poltax: Semoga berhasil…
    Kalo boleh sedikit bernasehat, saya berharap anda tidak berkerja lama-lama disana… 10-15 tahun cukup lah…

    Setelah mendapat uang yang cukup banyak, segeralah buka usaha mandiri untuk membuka lapangan pekerjaaan dan mengurangi pengangguran di negeri ini. Atau masuklah ke perusahaan nasional seperti Medco atau Pertamina dengan ilmu yang anda dapat dari Total.

    Bangunlah bangsa, jangan mau selamanya jadi kacung perusahaan multinasional.

    Semoga berhasil, Doa saya menyertai anda…

  6. Desember 29, 2008 pukul 1:12 am

    Sudah lah ngga usah liat besar nya gaji..memang di oil & gas keliatan nya banyak..jika di bandingkan kerja di pabrik..tapi resiko yg dihadapi sangatlah besar..terutama kebakaran dll..kalo do offshore ombak besar..mabuk sudah kerjaan hari2..dan lagi GRATIIIIS..nggak bayar loh..trus lagi mesti pisah dg keluarga..
    itu saja masukan saya trima kasih
    salam,
    Rus

  7. 7 Abdi
    April 2, 2009 pukul 11:43 pm

    bekerja di industri migas memang banyak gajinya, tapi salah kalau teman2 beranggapan klo kerja dimigas itu selalu di hutan, karena ada bermacam profesi disana yang terlibat, misalnya saya sebagi seorang geologist, tempat kerja pokok saya adalah di dalan ruangan dan kantor, karena tugas utama adalah menganalisa data-data, tapi gaji tetap besar…jadi ga selalu di hutan dan ditemani monyet2 toh

  8. 8 BK (Kuala Tungkal)
    Agustus 27, 2009 pukul 11:56 pm

    Saya bekerja di Chevron, nggak selamanya seperti yang sering terdengar, justru disini saya bahagia, kehidupan keluarga terjamin, malah mo pikir2.. go international…

  9. 9 mirza
    September 19, 2009 pukul 3:53 am

    hmm kerja di offshore juga bukan hal yang “begitu” tidak menyenangkan!
    enak2 aja tuh, tiap hari makanan mewah (sampe bosen), film terbaru di home theater jg always update, internetan jg lancar, gaji Alhamdulillah, dsb.
    jadi bukan bearti kerja do offshore tu gak enak^^
    kalo ngmng masalah resiko, semua pekerjaan juga ada resikonya, tinggal kita berdoa dan bergantung ma YME aj^^

  10. 10 Ruspita Handyastiwi
    Januari 23, 2010 pukul 10:04 am

    Emang kerja di minyak saja yg bisa hidup berkecukupan nggak lah yao…bukti nya banyak org2 yg dulu kerja laut Jawa salah satu oil company yg cukup besar..yg masa tuanya pd kerja jadi buruh kontrak.. yg mestinya duduk manis di rumah…menikamti mas tua menimang cucu2..ibadah yg baik…masih juga kelabakan di laut lepas..weleh2…mangkanya kalo punya kesempatan saat ini kerja di oil / gas..manage keuangan yg baik…ciptakan lapangan kerja buat yg lain..jgn mengharap di bayar saja..sekale2 mbok yao bisa membayar org lain gitu loh..maaf nggak bermaksud menggurui…mungkin ini buat kaca diri aja….masih baik ada yg ingatkan…gitu loh..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Human Calender

My beloved reader

  • 88,457 orang

Survei Mahasiswa

A little bit about my personality

Click to view my Personality Profile page

Our visitors


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: