16
Sep
08

Cinta itu adalah……

Tulisan ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya…..

Lokasi: Sangkuriang 19A

Suatu ketika di malam minggu yang cerah (sebut saja malam kenyang, karena saya kekenyangan dari buka sampai sahur akibat buka puasa FT04 dan sahur rubel) tersebutlah suatu peristiwa…

Peristiwa apakah gerangan?

Ho ho, Ternyata diadakanlah suatu forum yang kita sebut saja forum malam minggu (FMM). Weits… malam minggu bikin forum, hmmm pastilah para jomblo yang berkumpul…

Didalam forum ini membahas definisi cinta menurut masing-masing. Saya tidak akan menjudge definisi tiap orang disini… Melainkan hanya memberi pendapat saya mengenai definisi cinta. Sengaja orang-orangnya tidak disebut. Supaya tidak malu dan ketika definisi mereka berubah tidak mencak-mencak ke saya.

Orang pertama: Cinta itu adalah Sakaw… Masuk akal juga, jatuh cinta membuat kita terbayang kepada orang-orang yang kita cintai… Selalu ingin berada didekat orang yang dicintai… selalu kangen… selalu ingin bersama… mirip dengan definisi sakaw versi junkie kan…

Orang kedua: Cinta adalah ikhlas… Definisi yang bagus, mencintai berarti rela diapa-apain saja oleh yang kita cintai… Bahkan sekalipun salah, terkadang ada beberapa hal yang harus diiklashin demi cinta…. Tentu saja dengan kadar dan batas tertentu… tergantung nilai-nilai yang dipegang oleh pencinta tersebut.

Orang ketiga: Cinta adalah pengorbanan. Sekali lagi, ini merupakan definisi yang bagus. Mencintai berarti rela kehilangan. Tidak jarang mencintai menuntut lebih banyak dari yang bisa kita berikan. Pernah dengar berita seorang ibu mencuri supaya anaknya bisa sekolah atau supaya bisa beli susu untuk anaknya, terus ibu itu dipenjara? itulah cinta…

Orang keempat: Cinta adalah menyayangi…Menyayangi adalah definisi universal dari mencintai, cinta tanpa sayang sama aja dengan bo’ong. Seperti makan sayur asem tanpa sayurnya… ga mungkin terjadi… Jadi mencintai harus dibarengi dengan menyayangi…

Orang kelima: Cinta adalah tidak terdefinisi… Ini adalah definisi paling unik tentang cinta yang pernah saya dengar. Cinta memang rumit, tetapi bukan berarti selalu abstrak… mungkin kata yang paling bisa diterima adalah kata tidak terdefinisi… Salah satu bahasa matematika yang menyatakan bahwa “sesuatu” tidak bisa diterima oleh akal sehat tetapi masih bisa dibaca oleh hati… Apakah ini benar definisi cinta?

Orang Keenam: Cinta adalah tanpa alasan…  Apakah mencintai seseorang memerlukan alasan? Tidak, terkadang cinta adalah absurd. Kita bisa mencintai sesorang tanpa alasan bukan? Mungkin perasaan cinta sendiri berasal dari ketidak adanya alasan tersebut… Tidak perduli ras, golongan, wajah, bahkan kemungkinan akan dibalas cinta tersebut maka mencintailah… Karena itulah perasaan tertinggi.

Orang ketujuh adalah diri saya sendiri. Saya tidak datang ketika mereka membahas mengenai apa itu cinta, maka saya akan menjawabnya disini.

Huppp… siap-siap…..

Cinta adalah… Bagi yandi cinta adalah memberi… Memberi tanpa harapan akan menerima kembali cinta yang telah diberi… Apapun yang telah diberikan… Juga tanpa harapan akan sebuah balasan dari apa yang sudah diberikan… Cinta model ini terlihat dari cinta seorang ibu pada anaknya…Cinta seorang guru pada muridnya…Dan cinta seorang Nabi pada umatnya…. Berilah cinta sebanyak yang kamu bisa, karena didalamnya terdapat rasa yang jujur…

hehehe… Inilah cinta menurut definisi teman-teman di forum tersebut… (Dix lo rugi ga ikutan)..

Bagi teman-teman yang membaca blog ini…

Menurut kalian apakah itu cinta?

Bagi saya cinta itu adalah….

15 Responses to “Cinta itu adalah……”


  1. September 16, 2008 pukul 4:56 pm

    banyak yang bilang cinta adalah hal yang paling tidak logis di dunia. tapi saya berani bilang bahwa cinta adalah satu-satunya hal logis di dunia ini.

    penasaran?

    coba tanyakan pada pegawai yang rajin bekerja dari pagi hingga sore. tanyakan apa alasan dia bekerja begitu rajin. karena keluarga kah? ya, dia cinta keluarga. demi mencapai kepuasan batin kah? ya, dia cinta pada dirinya sendiri.

    ya, cinta adalah satu-satunya hal yang logis. hal yang membuat semuanya logis.

  2. 2 zaoldyckngeblog
    September 16, 2008 pukul 10:07 pm

    Diucapkan oleh seseorang yang sempat saya sukai dan saya tinggalkan

    terlalu frontal ni,,, ketahuan lo sama orangnya

  3. September 16, 2008 pukul 10:51 pm

    Kasyfi berkata:

    terlalu frontal ni,,, ketahuan lo sama orangnya

    untung dia tidak ngeblog :?

  4. 4 yandhie
    September 17, 2008 pukul 12:28 am

    @ Kasyfi dan Radix: udah gue hapus hehehe :)

    Ga ada bukti….

  5. 5 Resha Ilham
    September 16, 2008 pukul 10:27 pm

    mau komentar deh,,,,
    menurut literatur yang saya baca,,,,, biar agak bertanggung jawab,,,

    komponen cinta itu dibagi tiga,,,, (1)keintiman,, (2)gairan dan (3)komitmen,,,,, dari ketiga komponen tersebut didapat delapan jenis cinta yaitu

    1. cinta yang tak mencintai, tanpa (1),(2),(3)
    2. cinta persahabatan, hanya (1) tanpa (2) dan (3)
    3. cinta ketergila-gilaan. hanya (2) tanpa (1) dan (3)
    4. cinta kosong, hanya (3) tanpa (1) dan (2)
    5. cinta romantis, hanya (1) dan (2) tanpa (3)
    6. cinta “companiote”, hanya (1) dan (3) tanpa (2)
    7. cinta buta, hanya (2) dan (3) tanpa (1)
    8. cinta sempurna, gabungan (1), (2), dan (3)

    sekian terima kasih,,,
    ulasan lengkap dan lebih lanjut bisa minta literaturnya di saya

  6. September 16, 2008 pukul 11:21 pm

    @ Resha: Menarik2… Pengen baca literaturnya…

    Apakah dari buku, artikel, atau web?

    Kalau dari buku judulnya apa?

    Boleh saya pinjam?

    Tampaknya susah sekali mencari cinta sempurna itu ya….

  7. September 17, 2008 pukul 1:04 am

    Definisi cinta memang berbeda untuk setiap orang dan berbeda juga untuk setiap orang yang mereka cintai. Bagi saya sendiri, definisi cinta saya tergantung oleh siapa orang yang saya cintai.
    Yang saya juga tahu, ada 6 tipe cinta yaitu:
    1. Eros – cinta yang passionate, sesuatu yang didapat dari dari kenikmatan estetika dan seksual
    2. Ludus – cinta bagi orang yang senang bermain-main, jadi love is like a game. Tipikal cinta untuk playboy or playgirl.
    3. Storge – cinta yang affectionate, biasanya tumbuh dari kesamaan dan persahabatan yang mendalam
    4. Pragma – cinta yang sangat logis. orangnya mempertimbangkan banyak hal sebelum jatuh cinta soalnya ngga mau rugi
    5. Mania – cinta yang obsesif dan nge-fans. Biasanya ada pada orang yang memiliki kepercayaan diri rendah.
    6.Agape – cinta yang tidak egois dan hanya ingin memberi memberi memberi tanpa meminta kembali.
    Kalau dari tulisan kamu, saya lihat mengapa ya semua orang mendefinisikan cinta sebagai tipe yang “agape”? Baguslah, berarti orang Indonesia adalah orang-orang yang baik hati..
    PS: yandhie, lo rajin ngasih comment di blognya radix tapi ngga pernah tuh ngasih comment di blog gw.. jangan pilih kasih dong!

  8. 8 ria
    September 17, 2008 pukul 3:50 am

    gw sagt menghargai cinta,, tapi cinta itu tidak bisa di ganti8kan dengan harga diri.. jadi harga diri menurut gw lebih penting dari sebuah kata cinta..

  9. 9 ria
    September 17, 2008 pukul 3:54 am

    gw paling benci jk seseorang mengartikan cinta itu dan memberikan cinta itu kepada banyak orang tapi pada akhirnya cinta di buang dengan mudah tpai meninggalkan bekas yang sanagt jelas.. sangat tidak menghargai cinta adalah manausia yang brengsek…
    so,, jgn bermain dengan cinta maka itu akan menurut harga diri Anda,,
    I love… CINTA..

  10. 10 yandhie
    September 17, 2008 pukul 4:30 am

    @ Kaca: Maaf, saya tidak pandai membaca dalam bahasa inggris makanya rada bimgung mau kasih komen apa..

    @ Ria: cinta dan harga diri sama pentingnya… Mencintai tanpa menghargai diri sendiri sama saja dengan melacurkan diri ini… (maaf kalau kata-kata saya sedikit sarkas)

    Saya sependapat dengan komen kedua kamu…Hargailah cinta dengan memberikannya kepada orang yang tepat.

  11. September 17, 2008 pukul 5:07 am

    @Kaca: isilah blog dengan rajin. Dan sesuaikan dengan keinginan pembaca :)

  12. Oktober 24, 2008 pukul 2:41 am

    gwe jadi bingun sebenarnya yang mana sich arti cinta sebenarnya…???

  13. 13 yandhie
    Oktober 26, 2008 pukul 9:23 am

    @ Goenttoers: Cinta itu adalah segala yang disebutkan oleh teman-teman diatas. Tiap orang berbeda pemahaman dan kata-kata. Tetapi yang jelas adalah setiap orang paling tidak pernah sekali meraskannya.

    Ya, cinta itu adalah rasa yang universal…. Setiap manusia berhak merasakan cinta. Bukan dalam artian yang sempit, melainkan dalam makna yang luas. Dimana setiap orang adalah agennya. :D

    Maaf, saya tidak pintar mendefinisikannya. Karena ketika hendak menuliskannya, setiap kata ingin saya gunakan :)

  14. 14 Laila
    Oktober 30, 2008 pukul 9:47 pm

    cinta itu gak bisa didefinisikan..sangking gak bisanya, bisa2 kita terjerat pada hal2 yang salah atas nama definisi salah dari cinta…

    jadi harus hati-hati waktu merasa jatuh cinta.. is it the right definition or not?

  15. 15 ketthy
    Juni 10, 2009 pukul 7:57 am

    cinta itu adalah murni….
    murni itu adalah emas….
    emas itu adalah kuning….
    kuning itu adalah t*i….
    jadi….cinta itu adalah t*i…
    (wakakakakkkk…piss ah)


Berikan Balasan

Human Calender

My beloved reader

  • 93,626 orang

Survei Mahasiswa

A little bit about my personality

Click to view my Personality Profile page

Our visitors


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

