27
Agu
08

Alasan Yandi untuk Tugas Akhir di Lab Optik

Gue masih kesal kenapa masih banyak yang ga tau dimana lab gue berada. Emang sih laboratorium optik teknik fisika masih kalah tenar dibandingkan ama INDI dan SISIN (keduanya adalah lab kontrol dan sistem instrumen yang ada di labtek 6) atau dibandingkan dengan lab Material Komputasi dan Fisika Bangunan (yang sukses membikin 2 seminar selama liburan ini). Well, tenar ato tidak gue bangga ama lab gue.

Sedikit cerita mengenai ketidakterkenalan lab gue adalah tebakan Radix yang menyatakan kalo lab gue adalah lab Fotografi. Please deh, ngapain jurusan teknik niru-niru FSRD sih, kita kan punya spesialisasi masing-masing. no offebse ya dix.

OK, berikut ini 5 Alasan mengapa gue TA di Optik:
Pertama, faktor pembimbing. Bukan berarti pembimbing lain jelek, tetapi di sosok pembimbing gue (sebut saja namanya AH) terlihat betapa seriusnya untuk melakukan proyek ini. Alhasil, dengan dukungan dari pak AH, gue merasa ada perasaan aman tidak akan ditinggalkan oleh pembimbing seperti beberapa teman yang lain. Padahal pak AH ini cukup sibuk karena selain menjadi guru besar di FT beliau juga menjabat sebagai ketua dewan riset nasional.

Kedua, faktor keunikan topik. Bagi yang belum tau topik TA gue biar gue kasih tau sekarang: Multi-spectral photography judul yang unik kan. Ciri khas pak AH dalam membimbing adalah topik yang dia berikan adalah sangat jarang sehingga ada tantangan sendiri dalam mengerjakannya. Dan rasanya di lab optik sendiri belum ada yang mengerjakan TA ini sebelumnya.

Ketiga, Murah. Ups, ketauan deh disini betapa pelitnya saya. TA ini dibiayai oleh pembimbing sendiri sehingga (semoga) gue tidak keluar biaya sepeserpun.

Keempat, Terjebak. Hehehe… Tugas khusus semester 7 kemaren tekah sukses menjebak gue masuk kedalam lab optik. Mungkin karena pernah merasakan tidur selama 3 hari (sendirian, gege dan rira dimana kalian???) malam di lab ini memberikan ikatan batin bagi diri ini. (sok romantis)

Kelima, Kamera (pinjaman) baru. Seperti yang gue sebut diatas di TA ini benar-benar gratis tis tis tis. Malah gue dibelikan kamera SLR oleh pak AH sebagai alat percobaan. Meski tidak seperti Nikon D300 atau D80 seperti yang gue rencanain, tapi Nikon D40 juga bagus kok. Insyaallah, kamera ini akan saya gunakan sebaik-baiknya baik untuk keperluan lab optik maupun pribadi hehehehe.

Menyesalkah saya TA di optik? Mungkin ada sedikit penyesalan, terutama karena ekspetasi pak AH dan bu EJ sangat besar terhadap perjuangan saya ini (sampai harus menjelaskan di kelas) tetapi kalo manusia serius memperjuangkan yang dia impikan semua pasti bisa dicapai ko. Selain itu rencana saya TA di Optik merupakan rencana pendahuluan saya sebelum maju ke pertempuran yang berikutnya.


2 Responses to “Alasan Yandi untuk Tugas Akhir di Lab Optik”


  1. Agustus 28, 2008 pukul 3:55 am

    ya gw kan cuma tau kalo topik TA kamu berhubungan dgn fotografi… jadi gw asal tebak aja dengan “lab fotografi”.. toh fotografi adalah bagian dari optik kan?

  2. 2 Gea Parikesit
    April 6, 2009 pukul 10:45 am

    Halo Yandi,

    Salam kenal, saya Gea Parikesit, TF angkatan 1996, dulu juga lulus dari Lab Optik-nya Pak Andrianto Handojo. Saya menemukan halaman ini sebenarnya tidak sengaja. Tapi rasanya senang membaca tulisan anda di sini, karena membangkitkan banyak kenangan untuk saya pribadi. Mudah-mudahan anda diberi kemudahan dalam pengerjaan Tugas Akhir anda.

    Rencananya, pada tanggal 19 Mei mendatang saya akan berkunjung ke TF, sekalian membagi materi di Kuliah Umum. Topik penelitian saya saat ini masih terkait juga dengan optik, meski bukan lagi sebagai objek penelitian melainkan lebih sebagai penunjang penelitian. Kalau anda ada waktu, saya akan senang jika bisa berjumpa dan berdiskusi dengan anda.

    Salam,
    Gea Parikesit
    http://gea.ari.googlepages.com/geaofp-cv


Tinggalkan Balasan

Human Calender

My beloved reader

  • 122,601 orang

Survei Mahasiswa

Tok…Tok… Anybody Home?

A little bit about my personality

Click to view my Personality Profile page

Our visitors


