18
Sep
08

Keisengan Saya (apa arti sebuah nama)

Hmmm… Hari ini hari yang kurang kerjaan… Boleh dong kali ini nyampah di blog sendiri. Lagi pula blog bisa diartikan sebagai sarana untuk menunjukkan kenarsisan diri sendiri di muka umum.

Kalau judul di postingan blog radix dia bertanya apa artinya sebuah nama. Maka boleh dong kalau saya sebut bahwa arti sebuah nama sangatlah penting bagi saya. Memang betul kalau seandainya “Mawar” diberi nama lain maka tidak akan merubah karakteristik dirinya sendiri. “Mawar” toh tetap harum dan berduri sekalipun diberi nama “Melati”. Tetapi kalau diberi nama “kucing” bukan berarti “mawar” dapat mengeong bukan? Maka berikanlah nama yang bagus pada semua yang kita miliki sesuai dengan karakteristiknya.

Jangan sampai lukisan seindah “Monalisa” kita beri nama “Anjing Menggonggong” selain tidak lucu juga berkesan aneh pada objek nama tersebut. (Bayangan orang pada lukisan “Monalisa” adalah seorang wanita dengan senyum malu-malu yang sempurna… kalau diberi nama “Anjing Menggonggong” akan memberi kesan humor yang rada jayus pada lukisan ini.)

Mengenai arti nama saya sendiri sangatlah bagus…

Dua kata di depan nama saya adalah dua buah kata yang bermakna baik dalam bahasa arab.

“Akhmad” berarti terpuji, berarti saya diharapkan sebagai orang yang terpuji (benar atau tidak itu persoalan lain). Tidak percaya? Mari kita coba baca kutipan dari mbak wikipedia sebagai berikut:

“Aḥmad (أحمد also Ahmed), is the transliteration of an Arabic given name that comes from the Arabic Triconsonantal root of Ḥ-M-D حمد (“praise”), meaning “highly praised” implying “one who constantly thanks God“. One of the Islamic prophetMuhammad‘s many names is Ahmad, the name ‘Muhammad’ pre-dating ‘Ahmad’.

The context by which “Ahmad” or “Ahmed” is referred to as “praised”, can at times be mistaken, it is because the Prophet Muhammad was so highly regarded in Islam that the name “Ahmad” has come to mean “highly praised”.”

Hmmm… Ternyata salah satu arti nama depan saya berarti orang yang terus menerus bersyukur pada Allah. Selain itu juga berasal dari salah satu nama panggilan Nabi Muhammad…

Sedangkan kata kedua dari nama saya “Rakhmattullah” terdiri dari dari dua kata “Rahmat” dan “Allah”. Rahmat artinya Rezeki atau Pemberian. Sedangkan Allah adalah nama Tuhan dalam agama Islam. Nama kedua ini bila digabungkan berarti rahmat dari Allah… Hmm nama yang bagus bukan?

Sedangkan bila digabungkan dengan kata yang pertama akan menjadi yang terpuji dan dirahmati oleh Allah.. Wihhh… Nama yang berat bukan… Keren…

Kata ketiga dan kata keempat dari nama saya agak bias maknanya. Ketika saya tanyakan ke orang tua saya, nama ini berasal dari nama kakek dari pihak ibu dan ayah. “Sofyandi” berasal dari nama kakek saya dari pihak ayah yaitu “H.  Sofyan”. Sedangkan “Sedar” berasal dari nama kakek dari pihak ibu, “H. Ibrahim Sedar” (kata H di depan nama berarti “haji”, gelar yang diberikan kepada seseorang ketika dia telah menunaikan rukun islam kelima yaitu  melakukan ibadah haji di tanah mekah).

Kalau mau dibikin kemiripan, bisa dikatakan nama “Sofyandi” berasal dari kata “Sofia” dari bahasa yunani. Arti kata “Sofia” adalah bijaksana… Hmm aneh sekali? Apakah orang banjar jaman dulu sudah memilki hubungan dagang dengan bangsa yunani sehingga bisa mengadopsi nama mereka? Atau di jaman dahulu orang belanda biasa memakai nama “sofia” lalu diadopsi oleh penduduk asli kalimantan? Wallahua’allam

Sekarang mari kita coba nama saya di dunia yang sama sekali berbeda… Dunia Virtual… (saya tidak akan menggunakan istilah dunia m*** karena masalah pribadi :p ).

Alat percobaan saya adalah search engine paling wahid saat ini: google.

Percobaan Pertama… Mari kita coba nama “yandi” terlebih dahulu… Saya menggunakan tanda kutip supaya hasilnya diskrit dan absolut… Hup… klik….

Tercatat mbah google mencatat 982.000 nama yandi di dunia virtual (untuk selanjutnya disebut DV saja ya). Bagaimana dengan dari halaman web indonesianya? Tercatat 29.800 nama. Yang menarik adalah tautan web pertama google (yang berarti banyak tautan menuju web ini) dari nama “yandi” adalah nama pertambangan di Australia. Hubungannya apa ya?

Percobaan Kedua… Sekarang kita coba nama “Sofyandi Sedar”. Nama kedua yang saya sering pakai di dunia DV. “klik”. Tercatat 252 nama ini di DV. Yang menarik adalah nama kedua ini langsung merujuk ke alamat  blog ini. Well, mulai spesifik merujuk ke saya ya… (ehemm… mulai merasa populer)

Percobaan ketiga… Sekarang kita coba nama “Akhmad Rakhmattullah”. Ohhh, mbah google yang maha perkasa tunjukkan keagunganmu…… “Klik”. Sembilan puluh satu nama keluar… hmmm… mulai tambah sedikit ya.

Percobaan kempat… Kali ini nama lengkap saya “Akhmad Rakhmattullah Sofyandi Sedar”. Duhai gusti google… Tunjukkan kemampuanmu yang sakti mandra guna itu… 

“Klik”. Hanya 47 nama… Well tidak buruk, beberapa orang yang saya coba hanya memilki tautan di google sedikit saja…

Hmmm… Mungkin orang-orang lebih kenal saya dengan nama gaul saya: “yandhie”.

Percobaan kelima… “Klik”…. Hasilnya lebih banyak dari yang saya duga… 2480 nama. Yang menarik adalah nama ini langsung dirujuk di list pertama google sebagai nama seorang romo di web ini. Berarti saya kurang gaul di google

Well, demikianlah keisengan saya akan pencarian nama ini… Bagaimana dengan kamu sendiri teman? tertarik mencobanya? Siapa tahu kamu akan menemukan nama orang yang mirip dengan kamu…

Selamat Mencoba…….

Omong-omong tentang nama… Tahukah kamu bahwa ada jajak pendapat di AS bahwa 49% responden mempertimbangkan untuk menamakan anak mereka “Coke” dan “Kraft” atau sesuatu yang serupa apabila dibayar oleh perusahaan yang bersangkutan setengah juta dolar, dan 21 % akan menerima tawaran tersebut bila harganya pas? What is in the name? Ada apa dengan nama? Sekarang nama bisa jadi komersil ya….

(sumber dari buku John Naisbitt, Mind Set, halaman 164)


4 Responses to “Keisengan Saya (apa arti sebuah nama)”


  1. September 18, 2008 pukul 11:29 am

    PERTAMAX!!!!

    Hmmm… Hari ini hari yang kurang kerjaan… Boleh dong kali ini nyampah di blog sendiri. Lagi pula blog bisa diartikan sebagai sarana untuk menunjukkan kenarsisan diri sendiri di muka umum.

    cuma satu tanggapan gw: FRIK!!!
    😀😀😀😀😀

  2. September 20, 2008 pukul 7:58 pm

    kalo kata nabi, nama itu do’a

  3. 3 zaoldyckngeblog
    September 20, 2008 pukul 9:13 pm

    yak,, yandhie is back,,

    lebih narsis

    jadi pengen nulis tentang nama sendiri di blog gw.

    ide yang bagus

  4. 4 amiramdhani
    Oktober 12, 2008 pukul 6:08 am

    hohoho,,
    saya juga pernah nyoba2 kenarsisan gt kak,,

    pertama yg di cari ami : 279,000,000 (heuehuh, kbnyakan singkatan)
    ami ramdhani : 3,540 (ntah sekarang berapa)
    tapi si mbah rada tidak bersahabat,,
    ketika menuliskan nama lengkap : saumi zikriani ramdhani hanya 34 , dengan diatasnya ada tulisan ” apakah yg dimaksud suami”,,hwehhhhh,,,


Tinggalkan Balasan

Human Calender

My beloved reader

  • 122,601 orang

Survei Mahasiswa

Tok…Tok… Anybody Home?

A little bit about my personality

Click to view my Personality Profile page

Our visitors


